Menurut saya tentang Knowledge Managment….

Manajemen pengetahuan (knowledge management) adalah sebuah konsep baru didunia bisnis. Konsep ini berkembang pesar terutama sejak tahun 2000-an. Knowledge Managment ialah proses untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan dan mendistribusikan pengetahuan perusahaan dengan sistematis sehingga dapat digunakan kembali oleh setiap orang di perusahaan tersebut.

Menurut Finerty (1997), Knowledge Management memiliki ruang ringkup dua lapisan. Lapisan pertama adalah proses (process) meliputi utilization, storing, acquisition, distribution/sharing dan creation. Lapisan kedua meliputi structure, technology, measurement, organizational design, leadership dan culture. Kedua lapisan tersebut terintegrasi membentuk ruang lingkup knowledge management.

Contoh penggunaan Knowledge Management yaitu di perusahaan Benetton.

Perusahaan yang bergerak di bidang fashion ini memanfaatkan Knowledge Management untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan keinginan dari target market sehingga dapat dibuat strategi untuk mencapai penjualan yang optimal. Knowledge Management juga membuat Benetton mampu menjalankan sistem managerial dalam memanage keuangan, perencanaan produksi dan distribusi.  Selain itu, Knowledge Management juga membuat Benetton mampu menyeimbangkan antara kreativias dan struktur perusahaan.

3 thoughts on “Menurut saya tentang Knowledge Managment….

Leave a comment